Sosok Guru yang Ideal ( Dibalik Film freedom Writer)



Setelah melihat tayangan sebuah film mengenai perjalanan kisah seorang guru yang begitu besar peranannya dalam mendidik siswanya yang terangkum dalam Film Freedom writers, banyak makna yang dapat diambil dan patut kita tiru sebagai pendidik atau calon pendidik. Jika kita ditanya bagaimana sosok ideal seorang guru, maka darimana kita mengambil sudut pandangnya. Namun yang saya lakukan saat ini adalah melihat dari sudut pandang kita sebagai peserta didik. Dengan demikian setelah melihat film tersebut, maka guru yang ideal adalah:
ü    Mempunyai jiwa semangat yang tinggi
Jiwa semangat yang tinggi dari seorang guru memberikan pengaruh terhadap psikologi peserta didik untuk belajar dan terus belajar. Selain itu, jika melihat guru yang memiliki jiwa semangat yang tinggi memberikan efek yang luar biasa terhadap bagaimana cara mengajar guru tersebut. Jiwa semangat disini kita bisa melihatnya dari raut wajah, bagaimana cara berbicara. Terkadang siswa yang semangat jika melihat raut wajah guru yang kusut sering kali menjadi malas. Itu sebabnya semangat ngajar seorang guru bisa menjadikannya guru yang ideal.
ü    Tegas
Tegas bukan berarti keras atau suka marah terhadap siswanya. Namun tegas disini harus sesuai dengan jalur yang ada. Dikala siswanya sudah menyimpang dari koridor normal , maka seorang guru berhak mengambil tindakan yang dipandang perlu untuk dilakukan. Tapi tindakan yang diambil itu tidak menggunakan hal-hal yang dipandang kurang baik oleh aturan atau norma yang ada.
ü    Menghargai segala bentuk karya/kreativitas siswa
Setiap siswa memiliki bentuk karya dan kreativitas yang berbeda, dengan demikian seorang guru harus bisa menghargai bentuk itu walaupun menurut dia itu jelek. Selain itu seorang guru jangan  menjudge bahwa yang dibuat siswa itu salah, namun berikanlah penilaian yang membuat siswa itu lebih giat lagi untuk menjadi lebih baik lagi.
ü    Memberikan pendidikan karakter yang baik
 Amanat yang disampaikan UU untuk saat ini adalah pendidikan karakter. Pendidikan karakter ini menjadi salah satu tugas guru untuk memberikan pendidikan ini. Disamping menyampaikan substansi berupa materi ajarnya maka pendidikan karakter juga harus seimbang dimasukan. Sehingga terbentuknya siswa yang lebih intelektual dari segi keilmuan maupun peranan dia sebagai makhluk sosial.
ü    Visioner
Sesuai dengan arti visioner sendiri, seorang guru harus memiliki visi kedepan untuk pendidikan yang lebih baik. Dimana pemikiran-pemikiran guru harus diterapkan melalui manajemen dan pengelolaan sekolahnya.
ü    Inovatif
Ide kretif seorang guru sangat berperan dalam proses pembelajaran. Mengapa demikian? Karena terkadang guru mengajar malah membosankan bagi siswanya. Sehingga ide-ide yang inovasi dari seorang guru bisa membuat siswa menjadi tidak bosan lagi dan semangat belajar karena belajar dengan suasana yang baru.

Jika dibandingkan dengan sosok guru yang ada di film Freedom Writers, guru di Indonesia khususnya masih jauh sampai ke arah sana. Karena disamping sebagai guru yang berprofesi untuk mendidik, dia juga memiliki peranan di keluarga masing-masing yang jauh lebih penting.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan Mengenai KTSP

Makalah Peranan Pendidikan Dalam Kehidupan Masyarakat

PERANG JEPANG-RUSIA (1904-1905)