Perlunya Suatu Manajemen Sekolah
Jika
melihat pengertian yang ada, maka saya mengambil benang merah mengenai
pengertian manajemen sekolah, maka
manajemen sekolah sendiri merupakan suatu kegiatan atau proses
pengelolaan keseluruhan kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan
pendidikan di sekolah. Manajemen ini dilakukan supaya proses pelaksanaan
kurikulum bisa berjalan dengan baik dan proses pendidikan yang diharapkan bisa
tercapai secara efektif dan efisien baik dalam waktu maupun materi. Manajemen
ini diserahkan kepada bagaimana sekolah tersebut meraciknya. Namun walaupun
bebas tetapi tetap mengikuti aturan yang berlaku di daerah hingga nasional.
Manajemen
sekolah ini ibarat sebuah bagian dari sekian banyak manajemen-manajemen yang
ada dalam bidang pendidikan khususnya. Mengapa demikian? Karena diatas
manajemen sekolah ada yang lebih besar lagi begitu juga dengan dibawah
manajemen sekolah ada manajemen kelas begitupun seterusnya.
Bila
kita analogikan bahwa suatu manajemen merupakan
suatu lingkaran yang menjadi satu kesatuan terciptanya suatu pendidikan
nasional. Selain itu, manajemen sekolah merupakan suatu bagian untuk melengkapi
sistem lingkaran itu. Jika salah satu itu hilang atau tidak dilaksanakan, maka
akan terjadi adanya loncatan atau adanya sekat suatu manajemen dengan manajemen
lainnya karena manajemen yang seharusnya
ada tapi dalam kenyataannya berlainan. Misalkan manajemen sekolah dihilangkan.
Dalam
melaksanakan sebuah manajemen sekolah, maka kita perlu memperhatikan tujuan
dari manajemen itu sendiri. Disini ada 3 tujuan yang harus kita pahami yaitu pertama
Produktif disini bahwa dengan adanya manajemen sekolah ini diharapkan antara
input dan output lebih banyak menghasilkan outputnya. Jika dlam manajemen
sekolah ini di adakannya kurikulum yang dirancang dengan sedemikian rupa, maka
siswa yang asalnya hanya memiliki kemampuan yang sedikit setelah adanya
pengelolaan disamping belajar maka setelah keluar memiliki keterampian yang
lebih dibandingkan dengan ketika masuk. Intinya bahwa degan pengelolaan berupa
manajemen yang baik dharapkan banyak mencetak siswa-siswa yang berkualitas. Kedua,
Kualitas. Mengenai kualitas sebuah manajemen sekolah, maka dengan adanya
pengelolaan sekolah yang baik diharapkan banyak terciptanya manusia-manusia
yang berkualitas. Hal ini dapat di
evaluasi dengan banyaknya jebolan-jebolan siswanya yang diatas rata-rata. Ketiga
Efektif dan efisien, dimana dengan adanya pengelolaan berupa manajemen sekolah
yang baik diharapkan dengan adanya pengefektifan waktu dan efesiensi biaya
pendidikan bisa mencetak siswa yang berkualitas. Dengan demikian, dengan adanya
manajemen sekolah ini supaya hal di atas bisa lebih terjangkau.
Untuk
mencapai tujuan yang diharapkan itu maka baiknya dilakukan sebuah manajemen
sekolah yang baik maka diperlukan suatu proses yang baik dengan dimulai dari
perencanaan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan dengan
memperhatikan pula prinsip-prinsipnya.
Untuk membuat manajemen sekolah yang bagus harus
diperhatikan dulu tujuan dari manajemen itu. Dengan demikian kita punya acuan
untuk memulai langkah dalam mengelola atau memproses suatu manajemen sekolah.
Selain itu ketika kita melakukan proses manajemen sekolah yang baik maka harus
sesuai dengan prinsip dari pembuatan manajemen sekolah itu sendiri. Betapa
pentingnya suatu manajemen sekolah, maka diperlukan orang-orang yang ahli dan
berperan di dalamnya. Salah satunya adalah seorang wakil kepala sekolah urusan
kurikulum. Biasanyan dialah yang mengatur sebuah manajemen sekolah dan dibantu
oleh beberapa staffnya.
Komentar