Perlunya Suatu Manajemen Sekolah



Jika melihat pengertian yang ada, maka saya mengambil benang merah mengenai pengertian manajemen sekolah, maka  manajemen sekolah sendiri merupakan suatu kegiatan atau proses pengelolaan keseluruhan kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah. Manajemen ini dilakukan supaya proses pelaksanaan kurikulum bisa berjalan dengan baik dan proses pendidikan yang diharapkan bisa tercapai secara efektif dan efisien baik dalam waktu maupun materi. Manajemen ini diserahkan kepada bagaimana sekolah tersebut meraciknya. Namun walaupun bebas tetapi tetap mengikuti aturan yang berlaku di daerah hingga nasional.
Manajemen sekolah ini ibarat sebuah bagian dari sekian banyak manajemen-manajemen yang ada dalam bidang pendidikan khususnya. Mengapa demikian? Karena diatas manajemen sekolah ada yang lebih besar lagi begitu juga dengan dibawah manajemen sekolah ada manajemen kelas begitupun seterusnya. 
Bila kita analogikan bahwa suatu manajemen merupakan suatu lingkaran yang menjadi satu kesatuan terciptanya suatu pendidikan nasional. Selain itu, manajemen sekolah merupakan suatu bagian untuk melengkapi sistem lingkaran itu. Jika salah satu itu hilang atau tidak dilaksanakan, maka akan terjadi adanya loncatan atau adanya sekat suatu manajemen dengan manajemen lainnya  karena manajemen yang seharusnya ada tapi dalam kenyataannya berlainan. Misalkan manajemen sekolah dihilangkan.
Dalam melaksanakan sebuah manajemen sekolah, maka kita perlu memperhatikan tujuan dari manajemen itu sendiri. Disini ada 3 tujuan yang harus kita pahami yaitu pertama Produktif disini bahwa dengan adanya manajemen sekolah ini diharapkan antara input dan output lebih banyak menghasilkan outputnya. Jika dlam manajemen sekolah ini di adakannya kurikulum yang dirancang dengan sedemikian rupa, maka siswa yang asalnya hanya memiliki kemampuan yang sedikit setelah adanya pengelolaan disamping belajar maka setelah keluar memiliki keterampian yang lebih dibandingkan dengan ketika masuk. Intinya bahwa degan pengelolaan berupa manajemen yang baik dharapkan banyak mencetak siswa-siswa yang berkualitas. Kedua, Kualitas. Mengenai kualitas sebuah manajemen sekolah, maka dengan adanya pengelolaan sekolah yang baik diharapkan banyak terciptanya manusia-manusia yang berkualitas. Hal ini  dapat di evaluasi dengan banyaknya jebolan-jebolan siswanya yang diatas rata-rata. Ketiga Efektif dan efisien, dimana dengan adanya pengelolaan berupa manajemen sekolah yang baik diharapkan dengan adanya pengefektifan waktu dan efesiensi biaya pendidikan bisa mencetak siswa yang berkualitas. Dengan demikian, dengan adanya manajemen sekolah ini supaya hal di atas bisa lebih terjangkau.
Untuk mencapai tujuan yang diharapkan itu maka baiknya dilakukan sebuah manajemen sekolah yang baik maka diperlukan suatu proses yang baik dengan dimulai dari perencanaan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan dengan memperhatikan pula prinsip-prinsipnya.
Untuk membuat manajemen sekolah yang bagus harus diperhatikan dulu tujuan dari manajemen itu. Dengan demikian kita punya acuan untuk memulai langkah dalam mengelola atau memproses suatu manajemen sekolah. Selain itu ketika kita melakukan proses manajemen sekolah yang baik maka harus sesuai dengan prinsip dari pembuatan manajemen sekolah itu sendiri. Betapa pentingnya suatu manajemen sekolah, maka diperlukan orang-orang yang ahli dan berperan di dalamnya. Salah satunya adalah seorang wakil kepala sekolah urusan kurikulum. Biasanyan dialah yang mengatur sebuah manajemen sekolah dan dibantu oleh beberapa staffnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan Mengenai KTSP

Makalah Peranan Pendidikan Dalam Kehidupan Masyarakat

PERAN AKTIF INDONESIA PADA MASA PERANG DINGIN