"Muhammad SAW sang Inspirator"

Sebagai umat muslim yang taat beragama, tidak asing lagi ketika mendengar nama Muhammad saw. Kita jangan mengaku umat nya sebelum mengenal seperti apa sosoknya? yuk kita cari tahu siapakah Dia: Kalau dalam bukunya Michael H.Hart itu  100 orang  paling berpegaruh di dunia sepanjang sejarah menempati urutan pertama

Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin banyak lagi terlalu panjang jika di tuliskan, merupakan anak dari pernikahan Abdullah dan Siti Aminah. Ia lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun 570 M, pada tahun ini disebut tahun Gajah karena pada saat yang bertepatan adanya serangan ke Mekkah yang dipimpin Abrahah untuk menghancurkan Ka'bah.
Ketika 3 bulan dalam kandungan, harus ditinggalkan meninggal oleh Abdullah. Setelah lahir beliau di asuh oleh Halimatussa'diyyah hingga berusia 4 tahun. Dalam usia yang relatif masih kecil yaitu 6 tahun harus kembali ditinggal oleh sang ibu Siti Aminah. 

Dalam masa kecilnya beliau dihadapkan pada berganti-gantinya kepengasuhannya, setelah Aminah meninggal Muhammad di asuh oleh kakeknya Abdul Muthalib dan usia 8 tahun di tinggal sang kakek meninggal dunia. Kemudian kepengasuhan dilanjutkan oleh sang paman Abu Thalib.

Muhammad Sang Pengembala, di usia yang muda dan tinggal dalam asuhan membuat Muhammad harus bisa membantu ekonomi yang ditinggalinya. Dia menggembalakan ternak kambing penduduk Mekkah yang hasilnya tidak seberapa. Namun berkat kejujuran dan keuletannya pun julukan al amin dirahnya.

Muhammad Sang Wirausahawan, di usia 12 tahun Muhammad sudah mulai meniti karir dalam bidang wirausaha. Usaha yang dilakukan adalah berdagang. Mengapa dagang yang dipilih? Karena kebiasaan orang-orang Arab yang suka berdagang dan mengikuti jejak sang paman dalam berdagang, maka Dia pun ikut terjun dalam perdagangan. Dagangnya pun sudah ke Mancanegara. Usaha ini digeluti beliau, berkat dengan kerja keras dan keuletannya  dan merasa mapan, di usia 25 tahun menikah dengan Siti Khodijah.
 
Muhammad Sang Pembawa Risalah & Ahli Polotik, genap di usia 40 tahun beliau mendapat wahyu dari Allah SWT untuk menyampaikan ajaran risalah yang di dapatnya. Dari sinilah awal mula karier Rosulullah dalam bidang Politik. Dengan strategi politik dan pemikirannya yang dilandasi keimanan maka islam dengan cepat menyebar luas hingga keluar Jazirah Arab. Dalam perjalannanya beliau menjadi pemimpin yang amanah, dilandasi keadilan serta keputusan yang selalu diterima.


Masih banyak lagi kisah nabi Muhammad yang penulis tidak diungkap, maka bagian anda sebagai pembaca untuk mengenal lebih jauh pemimpin serta panutan kita. Semoga bisa direnungkan pemaparan di atas bahwa kita harus bersyukur terhadap apa yang didapatkan sekarang, kondisi kita sekarang, bahwa menjadi orang besar perlu usaha besar pula.

Eh ada yang lupa, Nabi Muhammad meninggal dalam usia 63 tahun dan di Makamkan di Madinah dekat mesjid Nabawi.


Daftar Pustaka:
http://www.ask.com/pictures/kaligrafi+muhammad
Hart, H. Michael(2009).100 Orang Paling Berpengaruh Di Dunia Sepanjang Sejarah:Jakarta:Hikmah
Yatim, Badri Dr.,M.A(1993).Sejarah Peradaban Islam:dirasah islamiyah II.Jakarta:PT.RajaGrafindo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan Mengenai KTSP

Makalah Peranan Pendidikan Dalam Kehidupan Masyarakat

PERAN AKTIF INDONESIA PADA MASA PERANG DINGIN