Sejarah Peradaban Lembah Sungai Indus

-->
PERADABAN LEMBAH SUNGAI INDUS
            MOHENJODARO-HARAPPA merupakan sebuah daerah bekas reruntuhan kota peninggalan dari peradaban sungai Indus. Munculnya peradaban ini diperkirakan pada 2900 Sebelum Masehi, ditandai dengan munculnya desa-desa kecil yang bermata pencahariannya bertani.
Peradaban ini merupakan peradaban yang paling maju di zamannya, mengapa dikatakan maju? Karena jika dibandingkan dengan peradaban lain yang sezaman mohenjodaro-harappalah yang paling baik. Ciri khas yang dimiliki kota ini yang menjadikannya berbeda dengan seperti peradaban Mesir, Mesopotamia, juga dengan Cina. Hal ini dapat dilihat dari:
1.   Tata Kota
Tata kota Mohenjodaro-Harappa sudah memiliki tata ruang kota yang sangat bagus, karena bangunan dan gedung- gedung yang telah teratur. Pembangunan jalan yang dilengkapi dengan saluran airnya, serta wilayah kota dibagi oleh beberapa blok.

2.                  Sistem Irigasi
Mata pencaharian masyarakat sungai indus merupakan pertanian, mereka menanam padi, gandum dll. Dalam pelaksanaan pertaniannya mereka didukung dengan faktor alam yang memadai yaitu di dekat aliran sungai indus yang digunakan untuk pengairan irigasi. Dengan adanya irigasi ini, menunjukan bahwa masyarakatnya memiliki tingkat peradaban yang tinggi.
3.                  Teknologi dan Kesehatan

Dalam bidang teknologi, masyarakat sudah memiliki ilmu pengetahuan yang dapat kita lihat dari peninggalan-peninggalan yang kebanyakan memuat tulisan-tulisan pendek dalam huruf piktograf, yaitu tulisan yang bentuknya seperti gambar. Selain itu mereka sudah mengenal teknik menuang logam, kita dapat melihatnya denga ditemukannya piala-piala dari emas, perak, tembaga maupun perunggu.
Dalam bidang kesehatan, mereka sudah mengenal adanya sanitasi atau pembuatan jendela-jendela di rumahnya. Terdapatnya sumur-sumur di setiap rumah, itu membuktikan bahwa kesehatan sudah menjadi hal yang perlu mereka jaga.

4.                  Kebudayaan dan Religi
Betapa tingginya peradaban masyarakat ini, mereka memiliki cara-cara dalam penguburan jenazah. Dalam penguburan jenazah sendiri memilki bermacam-macam cara tergantung suku yang ada. Di Mohenjodaro misalnya, tidak ditemukannya kuburan karena kemungkinan mereka membakar jenazah dan abunya ditempatkan di tempat yang khusus. Namun untuk di Harappa sendiri kebiasaan mengubur jenazah tetap ada.
Sedangakan untuk kepercayaannya diperkirakan mereka memuja arwah tokoh ibu pertiwi yang disebut Mother Goddes. Manusia pendukung dalam peradaban ini adalah bangsa yang berbahasa Dravida.
Sekilas dari penjelasan di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa peradaban sungai indus merupakan peradaban paling maju di zamannya dibandingkan dengan peradaban yang lain.

Hancurnya peradaban Mohenjodaro Harappa menurut beberapa pendapat bahwa, hancurnya dikarenakan ada bencana alam serta serangan dari bangsa arya.

Sumber Referensi:
 - Sejarah peradaban Hindu Karya Abu Su’ud
-          Wikipedia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan Mengenai KTSP

Makalah Peranan Pendidikan Dalam Kehidupan Masyarakat

PERAN AKTIF INDONESIA PADA MASA PERANG DINGIN